Polda Bali Lakukan Inspeksi Mendadak Ke SPBU Jelang Idul Fitri 2024 Untuk Antisipasi Kecurangan

 

 

: 29 Mar 2024

Sonorabali.com – Pada Idul Fitri 2024, Polda Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mencegah kecurangan, Polda Bali bekerja sama dengan bidang metrologi dan Disperindag kota Denpasar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa SPBU di Denpasar pada Kamis, 28 Maret 2024, menjelang Idul Fitri 2024. Inspeksi ini dipimpin oleh AKBP Iqbal Sangaji S.I.K., M.H., Kasubdit IV Ditreskrimsus dan melibatkan pemeriksaan mesin BBM satu per satu, baik yang bersubsidi maupun non-subsidi.

Tim melakukan pengecekan antara jumlah BBM yang tertera di mesin dengan jumlah yang sebenarnya keluar dari mesin. Mereka juga memeriksa kondisi mesin dan stok BBM di setiap SPBU, serta memberikan arahan kepada para pegawai SPBU untuk selalu memeriksa kondisi mesin dan stok BBM.


Hasil dari inspeksi ini menunjukkan bahwa tidak ada kecurangan yang ditemukan dan mesin BBM berfungsi dengan baik. AKBP Iqbal Sangaji S.I.K., M.H., juga menegaskan bahwa stok BBM aman dan tersedia cukup untuk periode mudik lebaran, berdasarkan koordinasi dengan Pertamina dan depo-depo Pertamina.

AKBP Iqbal juga memberikan peringatan kepada semua SPBU di Bali untuk tidak melakukan tindakan curang yang dapat merugikan masyarakat. Jika ditemukan, Polda Bali akan memberikan tindakan tegas kepada pelaku.

Pada Kesempatan kali ini, Polda Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) untuk mencegah tindakan penipuan. Dalam kegiatan tersebut, Ditreskrimsus Polda Bali bekerja sama dengan bidang metrologi dan tata niaga dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar melakukan sidak di sekitar Denpasar pada hari Kamis, 28 Maret 2024.

Dalam sidak tersebut yang dipimpin oleh AKBP Iqbal Sangaji, petugas memeriksa mesin-mesin penyalur bahan bakar, baik yang bersubsidi maupun tidak, di SPBU di Jalan WR. Supratman dan sepanjang Gatsu Timur. Mereka memeriksa keakuratan jumlah bahan bakar yang tercatat di mesin dengan bahan bakar yang dikeluarkan, serta memastikan kondisi mesin-mesin tersebut memenuhi standar.

Selain itu, petugas juga mencatat jumlah persediaan bahan bakar di setiap SPBU dan memberikan petunjuk kepada pegawai SPBU untuk selalu memeriksa kondisi mesin dan stok bahan bakar. Setelah melakukan sidak, AKBP Iqbal Sangaji menyatakan bahwa tidak ditemukan tindakan penipuan atau hal-hal yang merugikan konsumen dari SPBU yang diperiksa.

 

 

 

Penulis : Redaksi Sonora Bali/Diantari

Kritik dan Saran

    Copyright © 2018 All Right Reserved