Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kompas Gramedia Gelar Apresiasi Bank Sampah Kampung Kreasi

 

 

: 06 Jun 2024

Sonorabali.com – Di tengah meningkatnya kesadaran global akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, Program Bank Sampah muncul sebagai solusi untuk mengelola sampah dengan baik. Sejak tahun 2017, Kompas Gramedia berhasil mendampingi program Bank Sampah Kampung Kreasi yang dilakukan oleh tiga kelompok RW binaan CSR Kompas Gramedia. Kelompok RW binaan tersebut terdiri dari RW 02 Kelurahan Gelora, RW 06 Kelurahan Grogol Utara, dan RW 13 Kelurahan Grogol Utara. Selama bertahun-tahun, para anggota kelompok RW yang seluruhnya menjadi kader Bank Sampah Kampung Kreasi, telah berdedikasi tinggi dalam mendukung kelancaran program Bank Sampah tersebut. Banyaknya masyarakat yang saat ini menjadi nasabah Bank Sampah Kampung Kreasi juga menjadi salah satu hasil perjuangan para kader dalam mengajak warga sekitar untuk bergabung dalam program Bank Sampah.  

Bank Sampah Kampung Kreasi tidak akan berjalan tanpa dedikasi para kader dan nasabah Bank Sampah. Oleh karena itu, untuk memberikan apresiasi dan meningkatkan semangat para kader dan nasabah, Kompas Gramedia menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Bank Sampah kampung Kreasi yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Bentara Budaya Jakarta. Pelaksanaan Apresiasi Bank Sampah yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, mengajak para kader dan nasabah untuk terus bersemangat menjaga lingkungan hidup di sekitar, salah satunya melalui kegiatan Bank Sampah yang dilaksanakan. 

Acara ini dihadiri oleh General Manager Bentara Budaya & Communication Management Kompas Gramedia Ilham Khoiri. Dalam sambutannya, Ilham menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program bank sampah. Selain itu, ia juga mengajak seluruh kader dan nasabah untuk terus bersemangat menjaga lingkungan dengan mengelola sampah melalui program Bank Sampah Kampung Kreasi. “Sampah plastik menjadi sampah yang paling susah diurai. Oleh karena itu, kami mengajak Bapak Ibu untuk bersama-sama mengelola sampah yang ada di sekitar kita dengan membuat Bank Sampah,” ujarnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kasi Ekonomi Pembangunan Rosy Anresia Metasari sebagai perwakilan Lurah Gelora. Dalam sambutannya, Rosy juga menyampaikan pentingnya masyarakat untuk turut menjaga lingkungan melalui pengelolaan sampah yang baik. “Jadi, memang masalah sampah ini tidak dapat hanya dituntaskan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saja, namun juga perlu adanya kontribusi dari seluruh elemen masyarakat.” Selaras dengan Rosy, Sekretaris Kelurahan Dindin Hary Apriyadi sebagai perwakilan dari Lurah Grogol Utara juga turut menyuarakan ajakan untuk mengelola sampah dengan baik mulai dari yang ada di lingkungan sekitar. “Perlu dukungan yang kuat dari masyarakat, RT, RW, yuk semua sama-sama kita berusaha mengurangi sampah, terutama sampah plastik,” ajaknya. 

Dalam acara ini turut hadir Pendiri Salam Rancage Aling Nur Naluri yang dalam sambutannya menceritakan perjuangan awal para kader dalam merintis Bank Sampah Kampung Kreasi. “Ini tidak terlepas dari inisiatifnya para ibu-ibu, yang tetap menjalankan program Bank Sampah dengan segala keterbatasan yang ada”. Ia juga turut memberikan semangat kepada para kader dan nasabah agar terus berpartisipasi aktif dalam Program Bank Sampah Kampung Kreasi. Berkat semangat para kader, dalam periode tahun 2023, tiga kelompok Bank Sampah Kampung Kreasi Kompas Gramedia sudah mampu memperoleh Rp16.790.356 dari hasil penjualan 9.846 kg sampah.  

Pada kenyataannya, program Bank Sampah Kampung Kreasi telah menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Selain bermanfaat bagi kebersihan lingkungan, banyak kader dan nasabah yang juga terbantu secara ekonomi dengan hadirnya program Bank Sampah. Dalam kegiatan Apresiasi Bank Sampah ini, Kompas Gramedia memberikan sejumlah hadiah kepada para kader dan nasabah Bank Sampah sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi aktif dalam mengelola sampah dan juga menjaga kebersihan lingkungan. Hadiah-hadiah ini mencakup penghargaan untuk kategori Nasabah Tabungan Terbanyak, Nasabah Terajin, Kader Tabungan Terbanyak, dan Kader Terajin. Melalui pemberian hadiah ini, harapannya dapat menjadi motivasi bagi para kader dan nasabah untuk terus berinovasi dan berkontribusi lebih dalam Program Bank Sampah Kampung Kreasi sebagai salah satu bentuk upaya menjaga kelestarian lingkungan.

 

 

Penulis : Redaksi Sonora Bali

Kritik dan Saran

    Copyright © 2018 All Right Reserved