Kesiapan Polda Bali Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak 2024

 

 

: 26 Aug 2024

Sonorabali.com – Kabid Humas Kombes Pol Jansen S.I.K., M.H., menerangkan terkait kesiapan dalam rangka pengamanan setiap tahapan Pilkada serentak 2024 (Gubernur-Wagug, Walikota-Wakil, Bupati Wabup), Polda Bali telah menyiapkan dengan sangat matang.

Kesiapan tersebut sudah kita rencanakan sejak tahun lalu sebelum pelaksanaan Pemilu serentak Presiden-Wapres, DPRRI, DPDRI dan DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota tanggal 24 februari 2024, dimana pelaksanaannya kususnya di Bali berlangsung dengan baik dan aman. Kesuksesan pengamanan Pemilu tersebut tetap menjadi patokan kita dalam pengamanan Pilkada serentak dan Polda Bali membuat Operasi Kepolisian dengan sandi “Ops Mantap Brata Agung-2024”

Polda Bali beserta jajaran dalam pelaksanaan “Ops Mantap Brata Agung-2024” menyiapkan 7.521 personil untuk mengamankan rangkaian setiap tahapan Pilkada 2024, dengan rincian :
Polda Bali dalam pengamanan Pilgug Bali menyiagakan 2.147 Personil
Polresta Denpasar pengamanan Pilwalikota menyiagakan 800 Personil
Polres Buleleng pengamanan Pilbup menyiagakan 760 Personil
Polres Tabanan pengamanan Pilbub menyiagakan 670 Personil
Polres Gianyar pengamanan Pilbub menyiagakan 650 Personil
Polres Karangasem pengamanan Pilbub menyiagakan 550 Personil
Polres Jembrana pengamanan Pilbub menyiagakan 560 Personil
Polres Klungkung pengamanan Pilbub menyiagakan 460 Personil
Polres Bangli pengamanan Pilbub menyiagakan 340 Personil
Polres Badung pengamanan Pilbub menyiagakan 550 Personil

Dalam kesiapan ini pada saat tahap pemungutan suara nanti Personil Polda Bali akan di sebar untuk di perbatukan (BKO) sesuai jumlah kebutuhan dari permintaan masing-masing Polres/ta jajaran untuk mengamankan TPS.

Terkait kesiapan “Ops Mantap Brata Agung-2024” Polda Bali juga sudah melaksanakan beberapa kegiatan seperti; Latpraops pada tanggal 18 agustus yang betujuan untuk menyamakan persepsi dalam setiap tindakan agar smua Personil paham dan bertindak sesuai SOP dalam tugas pengamanan.
22 agustus Polda Bali melaksanakan sistim pengamanan kota (Sispamkota) yang diikuti 2.147 Personil gabungan Satker Polda, bersinergi dengan Kodam X/Udayana, Pemprop dan mitra Kamtibmas lainnya, yang bertujuan untuk pengecekan kesiapan dan kesiap siagaan Personil, serta peralatan yang dimiliki Polda Bali dalam rangka pengamanan Pilkada serentak nanti.

Hari ini 23 agustus Polda Bali melaksanakan gelar pasukan “Ops Mantap Brata Agung-2024” diikuti seluruh Personil yang terlibat Operasi pengamanan Pilkada.

Adapun rencana tahapan-tahapan pengamanan “Ops Mantap Brata Agung-2024” diantaranya;
-Tahap pengumuman dan pendaftaran bakal calon mulai tanggal 24 s.d 29 agustus 2024
-Tahap penelitian persyaratan, penetapan dan pengundian nomor urut calon mulai 30 agustus s.d 23 september 2024
-Apel kesiapan tahapan kampanye tanggal 24 september dan pengamanan tahap kampanye mulai 25 september s.d 23 november 2024
-Pengamanan tahapan masa tenang 24 s.d 26 november 2024
-Dilanjutkan pengamanan yang paling penting tahap pungut suara 27 november 2024, dan lanjut tahap hitung/rekap suara tanggal 28 november s.d 16 desember 2024

Sementara untuk pengamanan tahap penetapan calon terpilih dan tahap pengesahan calon terpilih tentative karena masih menunggu jadwal dari KPU.

Dalam rangka pengamanan Pilkada netralitas Polri tetap kami jaga dan kami mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, para simpatisan dan pendukung Bacalon, mari kita tetap jaga situasi Kantibmas, dukung dan sukseskan Pilkada serentak 2024, bersama kita ciptakan Pilkada yang sejuk aman dan damai sehingga Bali tetap ajeg. tutup KBP Jansen.

 

 

 

 

Penulis : Redaksi Sonora Bali 

Kritik dan Saran

    Copyright © 2018 All Right Reserved