Berkolaborasi Dengan Komposer Muda Yessica Yosia, Akademika Bentara Gelar Pementasan Musik  “LUNGUN”

 

: 06 Jun 2024

Sonorabali.com – Bentara Budaya Bali bekerja sama dengan Program Studi Seni Program Magister Institut Seni Indonesia Denpasar dan komposer muda, Yessica Yosia Virginia Simanjuntak mengetengahkan Pementasan Musik “Lungun”. Kegiatan yang terangkai dalam program Akademika Bentara ini akan berlangsung pada Rabu, 5 Juni 2024, pukul 19.00 WITA di Gedung I Gramedia Ketewel | Jl. Prof. IB Mantra No. 88, Ketewel – Gianyar.

Pementasan musik kali ini merupakan presentasi karya Tugas Akhir (TA) Yessica Yosia Virginia Simanjuntak. Komposisi “Lungun” terinspirasi dari tradisi andung, sebuah nyanyian kesedihan yang biasa dinyanyikan dalam upacara kematian masyarakat Batak Toba. Andung mengekspresikan perasaan duka cita seseorang terhadap orang yang dicintai.

“Saya ingin mengangkat dan memperkenalkan kekayaan budaya Batak Toba melalui interpretasi modern dalam format musik kamar sekaligus menjadi media untuk mengekspresikan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam tradisi andung dan prinsip dalihan na tolu,” ungkap Yessica Yosia Virginia Simanjuntak.

Dalihan na tolu, bila diterjemahkan berarti “tungku yang berkaki tiga. Dalam filosofi masyarakat Batak Toba konsep tersebut mengibaratkan satu tungku yang disangga oleh tiga kaki, mewakili tiga aspek penting dalam kebudayaan Batak. Jika salah satu kaki rusak, maka kedua kaki lainnya akan kesulitan menopang tungku. Berangkat dari filosofi itu pula, Yessica membagi karyanya menjadi tiga bagian yang masing-masing menyajikan interpretasi musikal yang mendalam dari berbagai aspek tradisi andung. Komposisinya ini dikemas dalam format musik kamar (chamber music) yang dielaborasi dengan alat musik tradisional Batak.

Yessica Yosia Virginia Simanjuntak adalah seorang musisi dan komposer berbakat dengan latar belakang pendidikan yang solid di bidang seni pertunjukan. Ia menyelesaikan studi sarjana seni dari Fakultas Seni Pertunjukan, Jurusan Musik di ISI Denpasar pada tahun 2019. Saat ini, Yessica sedang menempuh program magister di universitas yang sama. Sepanjang perjalanan pendidikannya, Yessica telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Pencipta Terbaik II Jurusan Prodi Musik ISI Denpasar pada tahun 2019 dan Beasiswa Pendidikan
Indonesia untuk pelaku budaya dari Kemdikbud ristek RI sejak tahun 2022.

Yessica memiliki pengalaman yang luas dan beragam di dunia musik. Ia pernah bekerja sebagai flutist di tim Ryan Whitewolf dan Jackson Mullane Chamber Team pada tahun 2020. Dalam pengalamannya sebagai arranger, Yessica pernah terlibat dalam proyek “Indonesia Istimewa” untuk album KEMENDIKBUD RI pada tahun yang sama. Yessica juga menjabat sebagai Music Director & Arranger dalam kolaborasi dengan Disney Theatre West London dari tahun 2020 hingga 2021. Selain itu, ia adalah pendiri Allegra Chamber Bali dan co-founder FP Music Production. Saat ini, Yessica juga berperan sebagai flutist dan pianist tambahan di Sundaram Strings Bali.

Sepanjang karirnya sebagai komposer, Yessica telah menciptakan beberapa karya musik orisinil seperti “Emotions” (2018), “Josiah” (2019), “Lifetime” (2020), dan “Lungun” (2023). Selain itu, ia juga aktif dalam membuat aransemen musik untuk berbagai proyek, termasuk aransemen untuk “Ayo Makan” pada proyek Indonesia Istimewa, orkestra soundtrack film Disney, dan aransemen jingle serta MARS untuk institusi pendidikan. Karya-karyanya menunjukkan kemampuan Yessica dalam mengeksplorasi dan memadukan berbagai elemen musikal, menciptakan komposisi yang unik dan berkesan.

Adapun Akademika Bentara merupakan sebuah program yang diniatkan sebagai ruang untuk melakukan transfer of knowledge atau perluasan kesadaran akan pengetahuan, terutama bagi generasi muda. Sedini awal keberadaannya, Bentara Budaya Bali secara khusus bekerjasama dengan berbagai kalangan civitas akademika, menggelar aneka kegiatan berupa pameran seni, pertunjukan teater, tari, musik, pemutaran film, workshop, diskusi, dan juga kolaborasi lintas bidang lainnya. Kerja sama tersebut antara lain dengan : Universitas Pendidikan Ganesha
(Undiksha) Singaraja, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Jurusan Film dan TV ISI Denpasar, Jurusan Fotografi ISI Denpasar, Tim Jurnalistik Maestro Fakultas Teknik Universitas Udayana, Persma Linimasa Universitas Udayana, Persma Akademika Universitas Udayana, Udayana Science Club, BEM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, BEM PM Universitas Udayana, STMIK STIKOM Bali, Alfa Prima, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Papua Centre FISIP Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, dll.

 

 

 

 

Penulis : Redaksi Sonora Bali

Kritik dan Saran

    Copyright © 2018 All Right Reserved